About Me

Man Ana ? …..

Saya dilahirkan di sebuah Rumah Sakit  di kota Pare – Pare SULSEL, pada tahun 1974 .waktu saya lahir kebetulan salah seoarang tokoh Ulama besar sulawesi berada disana. Lalu Orang Tua ku ..meminta agar memberikan aku nama.Sang Ulama pun memberi 3 pilihan Nama; Ayah Saya  Bugis asli ,Ibu saya Bugis – Mandar.Ayah saya adalah Perantau asal SULSEL.

My Education.

Saya Dibesarkan Dikota Samarinda. Tapi kami Hijrah Ke desa ” Loa Janan ” ketika saya kelas 3  SD.Kemudian Saya Lanjutkan study saya Di MI swasta.lalu. Di MTs Swasta MTs DDI loa Janan . antara Balikpapan dan Samarinda. Alasan Ayah pindah ke desa…karena tidak tahan dengan cara hidup.. rekan rekan sesama pedagang yang culas dan licik dalam berdagang.Ayah lebih tenang di desa hidup sebagai Petani sederhana.Jauh dari hiruk pikuk kota yang penuh kemunafikan. Saya sempat duduk Di MAN Samarinda kira- kira 4 bulan sebelum akhirnya ayah memutuskan memindahkan saya Ke SMA Muhammadiyah Makassar.Tinggal dengan Paman dan bibi saya( adik adik ayah masih di Makassar ).Karena takut melihat pergaulan yang rusak di Samarinda.dan tidak ada yg mengawasi saya.

Setelah Lulus SMA .Saya Kembali ke Samarinda, dan KULIAH sambil Kerja di UNMUL.Majoring English. FKIP.sewaktu Kuliah saya banyak membaca buku – buku ayah tentang filsafat dan Tassawwuf. Saya juga sering membaca Buku – buku Emha ainun Najib dan Kahlil Gibran. dan kenal sedikit ttg paham  LDII . setelah selesai Kuliah saya lebih banyak memperdalam Agama Islam melalui buku – buku dan ajaran ayah saya yang mendalami kezuhudan para sufi dan tassawufnya.setelah saya diangkat jadi PNS sebagai Guru . saya terus mendalami Islam karena  begitu banyak paham / kelompok berbeda.

My Family

Saya Menikah dengan Gadis Lulusan MA keagamaan Jombang.dan sekarang Di amanahi 3 Putri. Istri saya sekolah  beraliran NU tulen.Namun istri saya Alhamdulillah juga rajin Belajar / memperdalam Agama.Bersama Istri sayalah saya sering berdebat tentang paham/kelompok yg berbeda ini. Saya Muhammadiyah dia NU.kami saling menghormati paham yg berbeda.namun kami tidak mau terikat dengan fanatisme .kami belajar dan belajar.

PEMAHAMAN  ISLAM

Ayah dan adik  saya di kampung ikut  oleh Kelompok Jamaah Tabligh. sehingga saya tau sedikit ttg kelompok JT ini. saya sempat kagum dg mereka karena mereka rajin berjamaah di masjid. tapi setelah saya banyak mempelajari faham mereka, kebiasaan ajaran  mereka dan mengenal individu individu JT yg notabene  teman saya di kampung……. .saya nda bisa atau belum bisa  ikut mereka .jadi sementara  itu saya terus Membaca Buku buku Islam, Mengikuti seacara Aktif Pengajian di Kota saya dan membaca Tafsir Al Qur-an terakhir saya menghatamkan 20 an Buku AGUS Mustafa.Tassawwuf  Modern .,katanya.Saya Menyimpulkan Kelompok ataupun Organisasi Islam ini Punya sisi Benar…Tapi sebagai..Manusia  biasa , ulama biasa mereka juga bisa salah dalam memahami  Islam, pemahaman  dan Pengetahuan mereka juga tentunya terbatas. Saya pernah Ikut ESQ nya Ari Ginanjar.satu ajaran yg saya dapat dari pelatihan spiritual ini adalah .bebaskan diri dari belenggu Fanatisme. Ambil yang baik dan tinggalkan yg jelek. dari sinilah saya mempelajari  pemahaman  warga NU , Muhammadiyah,  kenal dan Kagum dengan  PKS, jamaah Tabligh, tassawwuf. Sebenarnya Mereka berjasa memperkenalkan Islam kepada Saya. saya belajar karena tidak mau disebut Islam keturunan. Namun Alhamdulillah, karena saya terus mencari Ilmu… akhirnya saya ketemu Pengajian Rutin di masjid ilal masjid.Dimana saya bisa bertanya kepada Penceramahnya, yang rajin berceramah tampa mengharapkan imbalan kecuali Ridho ALLAH, sedikit atau banyak jamaahnya  tetap jalan pengajiannya. Bisa  Ber Bahasa Arab, karena memang belajar memperdalam  Islam di Negeri asal Islam yang berbahasa Arab.  Saya banyak belajar Fiqih dan Tauhid/ Aqidah, Manhaj ( cara beragama) di pengajian beliau di masjid – masjid. Di sini lah saya merasakan kesempurnaan pemahaman Islam yang Benar.dan ternyata di Internet juga banyak  para ustadz / ulama yang sepaham dg beliau rajin menulis Artikelnya di Blog ataupun di web. Mereka Adalah Orang Yang Memahami Islam berdasar AL qur’an dan Sunnnah. mendalami Ilmu Hadist dan memahaminya sesuai faham para sahabat Rasulullah ,  para Sholafus Shaleh.Menjalankan  agama atas Dasar AL-Qur’an dan Assunnah.Bukan berdasarkan Perasaan dan akal belaka…. dan Insya ALLAH saya akan luang kan waktu luang saya.. untuk belajar.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: