CARA JEPANG UNTUK “MENGHARAMKAN ROKOK”

CARA JEPANG UNTUK “MENGHARAMKAN ROKOK”

by Syariffuddin Mahmudsyah on Sunday, October 10, 2010 at 10:34am

Cara Jepang Untuk “Mengharamkan Rokok” untuk mengurangi Perokok di Jep[ang

Berikut ini Informasi tentang cara Pemerintah Jepang dalam “mengharamkan” rokok di negaranya dalam rangka mengurangi Perokok (Ahli Hisap) di Jepang. Tidak perlu pake MUJ (Majelis Ulama Jepang).

Ini menunjukkan bentuk kepedulian Jepang akan kesehatan dan kenyamanan warganya.

(1)     Tahun 2004, Pemerintah Jepang menaikan harga rokok. Dengan dinaikannya rokok, tidak menyebabkan ongkos angkot, taksi, dll menjadi naik toh?

(2)     Tahun 2007 akhir, Pemerintah Jepang memasang larangan merokok di semua taksi di Jepang, tidak terkecuali untuk pengemudinya. Kalau di Surabaya kan, penumpang mengalah kepada sopir taksi yang merokok.

(3)     Tahun 2008, Pemerintah Jepang mengeluarkan kartu “Taspo”, yaitu semacam SIK (Surat Ijin Merokok), dengan tujuan anak di bawah umur 20 tahun tidak boleh merokok. Masing-masing perokok wajib terdaftar sebagai perokok dan wajib memiliki kartu tersebut. Kartu Taspo ini sangat sakti. Mesin penjual rokok atau toko tidak akan menjual rokoknya kepada yang tidak memiliki kartu ini.

(4)     Kartu ini juga akan mendeteksi presentase pengguaan rokok per bulan dalam hitungan grafik, yang berhubungan dengan kesehatan dunia dan sebagainya.

(5)     Rokok di Jepang dibuatkan semacam klasifikasi dari 10 s/d 1. Tujuannya adalah memberikan penyuluhan kepada perokok untuk berhenti secara alami. Klasifikasi tingkat 10 adalah yang paling berat, baik itu kadar tar, nikotin, dll. Setelah itu kia biasakan dengan rokok klasifikasi 9, 8, 7, dst., akhirnya klasifikasi tingkat-1, yaitu rokok yang paling ringan. Kalau sudah terbiasa menghisap rokok klasifikasi-1, tidak merokok sama sekali pun kita bisa.

(6)     Tempat-tempat merokok disediakan bagi perokok hampir di pusat-pusat kota.

(7)     Merokok sambil berjalan bisa didenda 5000 yen/ 500 ribu di tempat!

(8)     Awal 2009, harga rokok dinaik berlipat-lipat, dari 300 yen menjadi 900 yen. Dijamin, gaji akan habis kalau nekad beli rokok tiap hari. Pemerintah Jepang memberlakukan peningkatan pajak rokok terbesar yang pernah diberikan negara ini.

(9)     Harga semua rokok bermerk terkenal mulai Jumat (01/10/10) ini akan meningkat hingga 40%, dari 300 yen atau sekitar US$ 3,60  (Rp.36.000,-) menjadi 410 yen (US$4,90). (Rp. 49.000,-). Tujuan kenaikan pajak ini adalah untuk mendorong warga berhenti merokok, apalagi Jepang dikenal sebagai salah satu negara surga perokok.Merokok masih diijinkan di restoran dan bar di Jepang, dan banyak kantor yang menyediakan ruangan merokok.Lebih dari satu dari tiga lelaki Jepang adalah perokok, meski hanya 12% wanita yang merokok. Tetapi kini harga rokok dinaikkan agar warganya menghentikan kebiasaan yang mengganggu kesehatan tersebut, dan sebuah survei menyebutkan sekitar 60% warga Jepang ingin menghentikan kebiasaan merokok.

 

Saat ini, satu dari tiga pria Jepang merokok dan sekitar 12% wanita Jepang yang mengisap rokok. Namun, kini, pajak rokok sudah dinaikkan dengan tujuan membuat masyarakat Jepang menghentikan kebiasaan merokoknya. Hasil survei menunjukkan, sekitar 60% responden berpikir untuk melakukan hal itu.

 

Semua karena pemerintah peduli kepada warganya. Tanpa perlu fatwa-fatwa,seharusnya indonesia juga nih…. melakukan ini.

 

 

Share

  • Yusuf Muhammad and 2 others like this.
    • Syariffuddin Mahmudsyah Sahabat : Saat ini, satu dari tiga pria Jepang merokok dan sekitar 12% wanita Jepang yang mengisap rokok. Namun, kini, pajak rokok sudah dinaikkan dengan tujuan membuat masyarakat Jepang menghentikan kebiasaan merokoknya. Hasil survei menunjukkan, sekitar 60% responden berpikir untuk melakukan hal itu.9 Langkah diatas dilakukan oleh Pemerintah Jepang untuk mengurang perokok di Jepang ……

      11 hours ago ·
    • Suyanto Âñd Fámïly kalo di indonesia, jika harga rokok dinaikkan 100 rb, penduduk akan tetap merokok karena tersedia tembakau yg melimpah.

      11 hours ago via Facebook Mobile ·
    • Syariffuddin Mahmudsyah ‎@Suyanto and Family : Kalau dinaikkan 100 rb tidak mempan, menurut teori DSM-Demand Side Management, ya naikkan lagi 2x lipat ……. atau 3x lipat itu yang diterakan di Jepang …..

      11 hours ago ·
    • Nyoman Yuni Komkom Sastriyana

      Cukai rokok termasuk pemasukan terbesar pemerintah RI utk industri non migas, apakah pemerintah mau menaikkan cukai rokok sampai berlipat-lipat?
      Lebih-lebih industri rokok termasuk 1 di antara segelintir industri nasional yg bisa tetap bert…ahan waktu krisis global yg lalu. Industri rokok di RI seperti buah simalakama.See More
      11 hours ago via Facebook Mobile ·
    • Tjahjono Wibowo rindu ama Jepang

      3 hours ago ·
    • Eko Winarto Sasaran industri rokok..adalah remaja sd mahasiswa….maka …banyak industri rokok yang memberikan bea siswa dgn imbalan boleh pasang iklan di kampus2….ternyata berhasil n tdk ada demo2 anti rokok…so what ?…

      about an hour ago ·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: