BAHASA INGGRIS , PENTINGKAH ?


Bahasa Inggris sebagai salah satu Bahasa Internasional , dan kenyataannya sebagai Bahasa Internasional ( Bahasa Pengantar ) yang Paling Terkenal dan Paling banyak digunakan oleh Negara – Negara Asing. Banyak Buku – buku tentang Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi ditulis dalam Bahasa Inggris. Komputer yang sekarang sudah menjadi kebutuhan Lembaga – lembaga, instansi, kantor – kantor bahkan individu – individu tertentu , juga menggunakan Bahasa Inggris di dalam Program – programnya maupun perintahnya. Mengenai Lowongan Pekerjaan ? Lihat aja sendiri di Koran, tentunya diutamakan yang bisa Bahasa Inggris.

Di SD , SMP, SMA , SMK, MA, Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran wajib , sebelum di WISUDA ( untuk menjadi Sarjana ) harus tes Bahasa Inggris , SO masih adakah orang yang bertanya , Pentingkah Bahasa Inggris  ?

Kurikulum di Indonesia Memang sudah memasukkan Bahasa Inggris Sebagai Mata Pelajaran  dari SD hingga Universitas atau Sekolah Tinggi lainnya. Tapi mengapa masih banyak bahkan kebanyakan siswa – siswi kita belum bisa berbahasa Inggris , banyak faktor – faktor penyebabnya , namun penulis tidak akan membahasnya disini.

Pada kesempatan kali ini Penulis ingin berbagi  Pengalaman tentang bagaimana sih cara Belajar Bahasa Inggris  ?

Belajar Bahsa Inggris = ( Baca Sama dengan )  Belajar Berenang.

Bila mau pintar berenang , anda harus terjun ke kolam , atau ke sungai.

Bila mau belajar dan Pintar Bahasa Inggris anda harus punya  buku – buku Bahasa Inggris, Punya Kamus Bahasa inggris yang bagus ( banyak kamus yang jelek , kurang lengkap  Gitu loooh ….).

Sesering mungkin belajar , bertanya dan mempraktekkan Bahasa Inggrisnya kepada orang yang lebih pintar, lebih bagus bahasa Inggrisnya dibanding Kita yang baru Belajar.

& Usahakan dalam sehari Kita bisa menghapal 5 kata B.Inngris beserta contohnya  dalam kalimat / konteks.

& Menandai / memberi warna ( Stabilo ) kata – kata yang sudah dipelajari / sudah dicari di KAMUS.

& Mengartikan  Judul –judul lagu  dan Film – film Berbahasa Inggris.

& Melatih kemampuan Listening ( pendengaran ) dengan cara banyak mendengarkan / atau menonton acara – acara , Film dan Berita berbahasa Inggris di Radio atau di TV.

& Membaca  TEXT atau buku Cerita berbahasa Inggris dengan nyaring ( bersuara )

& Tidak Perlu Malu mempraktekkan  kata / Kalimat / phrase yang sudah dipelajari didepan teman – teman  atau guru , di sekolah or di rumah.

Penulis : Sukri , S.Pd.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: